Saturday 11 January 2014

Penggunaan bahasa dikalangan remaja


Akibat pengaruh globalisasi banyak dampak-dampak yang mengkhawatirkan untuk para penerus bangsa.Misalnya, dalam cara berbicara, cara berpakaian, tingkah laku, dan lain-lain.Kita bahas lebih dalam cara berbicara dikalangan remaja.Banyak remaja dalam berbicara masih banyak yang terdengar kurang sopan karena minim nya penggunaan bahasa Indonesia yang baku.Kebanyakan remaja tidak menggunakan bahasa baku dalam berkomunikasi  meskipun itu dalam lingkungan yang formal seperti sekolah.Tetapi malah para remaja, saat ini sangat  santai dalam berbicara dengan guru mereka disekolah (dalam arti tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baku).Sangat disayangkan memang, karena bahasa Indonesia adalah salah satu pelajaran yang selalu di UN (Ujian Nasional) kan, baik di SD, SMP, maupun SMA/SMK.Terbukti tidak sedikit siswa yang mendapati nilai Bahasa Indonesia nya dibawah  rata-rata.Padahal bahasa Indonesia adalah bahasa sehari-hari mereka. 

Sangat disayangkan, padahal sangat penting berbicara dengan bahasa baku untuk para penerus bangsa, agar mereka terbiasa dalam berbicara yang berkualitas.Mengapa saya katakan berkualitas? Karena menurut saya bahasa Indonesia yang baku itu adalah bahasa yang digunakan oleh orang-orang yang sukses.Orang-orang sukses sudah tidak asing lagi untuk berbicara dengan bahasa baku.
Jadi jika kita ingin terlihat seperti orang yang berkualitas dan sukses, mulai belajarlah untuk berbicara dengan bahasa yang baik dan benar (baku). /profs

No comments:

Post a Comment